LAPORAN
PENGEMBANGAN
AL
ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN VI
DI
SD MUHAMMADYAH PURWOREJO
Disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan Semester VI C
Dosen
pengampu : H. Nasrudin, S.PdI, SE, M.SI
Disusun
oleh :
Disusun
Oleh:
1. Irma
Zaqia Putri (102144131)
2. Noer
Khayati (092143504)
3. Nur
Septi Fajarwati (092143511)
4. Parwatiningsih (092143517)
5. Paryati (092143518)
6. Rahmawati (092143522)
7. Reni
Mardianingsih (092143524)
8. Riyanti
Khasanah (092143526)
9. Septi
Widyaningsih (092143528)
10. Siti
Fajaroh (092143531)
11. Sri
Maratun (092143533)
12. Suprapti (092143534)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PURWOREJO
2012
PENGESAHAN
Nama Sekolah : SD Muhammadyah Kutoarjo
Alamat
Sekolah : Kutoarjo,
Kab. Purworejo
Pelaksanaan Pengembangan : 20 dan 25 April 2012
Nama Peserta : 1. Irma Zaqia Putri (102144131)
2. Noer Khayati (092143504)
3. Nur Septi Fajarwati (092143511)
4. Parwatiningsih (092143517)
5. Paryati (092143518)
6. Rahmawati (092143522)
7. Reni Mardianingsih (092143524)
8. Riyanti Khasanah (092143526)
9. Septi Widyaningsih (092143528)
10. Siti Fajaroh (092143531)
11. Sri Maratun (092143533)
12. Suprapti (092143534)
Program Studi : Pendidikan Matematika
Fakultas :
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Purworejo
Purworejo, Mei 2012 Mengetahui,
Kepala SD Muhammadyah Kutoarjo Ketua Pengembangan
Ahmad Darusman SPd. Riyanti
Khasanah
Dosen Pembimbing
H. Nasrudin,
S.PdI, SE, M.SI
MOTTO
“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan
(QS:94:6)”
“Dan
barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya
kemudahan dalam urusannya (QS:65:4)
“Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu
amat dekat (QS:2:214)
Sesungguhnya
Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, kecuali ia berusaha sendiri (QS
Ar-Ra’du:11)
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat,
taufik, serta hidayahNya, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Pengembangan Al
Islam dan Kemuhammadiyahan VI di SD Muhammadyah Kutoarjo, serta dapat menyusun
laporan ini dengan baik.
Pengembanagan
ini dapat terlaksana dengan baik sampai dengan dapat terselesainya laporan ini
atas bimbingan dan bantuan dari semua pihak, baik berupa sumbangan pemikiran
serta berbagai masukan.
Pada
kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada :
1. Drs.
Supriyadi, M. Pd selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo.
2. H.
Nasrudin, S.PdI, SE, M.SI selaku pembimbing mata kuliah Al Islam dan
Kemuhammadiyahan VI.
3. Ahmad
Darusman S.Pd., selaku Kepala SD
Muhammadyah Kutoarjo.
4. Seluruh
pengajar SD Muhammadyah Kutoarjo.
5. Kedua
orang tua yang telah memberikan dukungan moral maupun materi
6. Semua
pihak yang telah membantu dalam menyusun laporan ini.
Kami menyadari
bahwa laporan pengembangan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan
kritik dan saran dari semua pihak untuk menyempurnakan laporan ini. Kami
berharap bahwa laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak pada umumnya dan
pembaca pada khususnya.
Purworejo, Mei 2011
Penyusun
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL .................................................................................
PENGESAHAN..........................................................................................
MOTTO.......................................................................................................
KATA PENGANTAR................................................................................
DAFTAR ISI...............................................................................................
BAB
I. PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang .......................................................................
B. Dasar
Kegiatan.......................................................................
C. Maksud
dan Tujuan Kegiatan ................................................
D. Ruang
Lingkup ......................................................................
BAB II ISI
A.
Nama kegiatan .......................................................................
B.
Tempat kegiatan .....................................................................
C.
Waktu kegiatan ......................................................................
D.
Peserta kegiatan .....................................................................
E.
Kesulitan dan hambatan ........................................................
F. Rencana
kegiatan ...................................................................
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan ............................................................................
B.
Saran ......................................................................................
C.
Kesan .....................................................................................
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dalam
proses pembelajaran, suatu mata kuliah dalam perguruan tinggi tidak hanya
terpaku pada teori-teori yang mengikatnya, tetapi harus diimbangi dengan
pengembangan ataupun aplikasi yang mendukungnya. Untuk itu, untuk dapat
meningkatkan kreatifitas dan kemampuan dalam bidang pendidikan, mahasiswa
dituntut untuk mampu bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
Kita
sebagai calon pendidik semestinya tidak
hanya sekedar memiliki pengetahuan dan ketrampilan, tetapi juga diharapkan
mampu mengembangakan kemampuannya untuk menciptakan generasi penerus untuk
menuju tercapainya cita-cita.
B. DASAR KEGIATAN
Sesuai
kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo, mahasiswa semester VI yang
telah menempuh mata kuliah Al Islam dan
Kemuhammadiyahan wajib melakukan pengembangan pada lembaga-lembaga
kemuhammadiyahan yang salah satunya adalah SD Muhammadyah Kutoarjo.
C.
MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan pengembangan Al
Islam dan Kemuhammadiyahan VI Universitas Muhammadiyah Purworejo mempunyai
maksud dan tujuan sebagai berikut :
1.
Mengembangkan ketrampilan dan pengetahuan yang telah
dimiliki oleh peserta didik.
2.
Memberikan bekal dan pengetahuan bagi peserta
didik untuk dapat melakukan interaksi yang baik dengan pendidik, sehingga akan
memperoleh pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan.
3. Memberikan
bekal dan pengetahuan serta ketrampilan bagi calon pendidik agar mampu mendidik
anak didiknya untuk tercapainya generasi yang berkualitas.
4. Menanamkan
sikap solidaritas antar peserta didik agar peserta didik mengetahui pentingnya bekerja sama untuk
mencapai tujuan bersama.
5. Menanamkan
nilai-nilai moral dan teladan yang baik melalui menonton film pendidikan
bersama.
D. RUANG LINGKUP
Adapun ruang lingkup
laporan ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.
Apa yang melatarbelakangi diadakan
pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan VI?
2.
Apa yang mendasari pelaksanaan kegiatan?
3.
Apa maksud dan tujuan diadakannya
pengembangan tersebut?
4.
Apa nama kegiatan tersebut?
5.
Dimana kegiatan tersebut diadakan?
6.
Kapan pelaksanaan kegiatan tersebut?
7.
Siapa saja pelaksana kegiatan tersebut?
8.
Kegiatan apa saja yang dilaksanakan
selama pengembangan?
9.
Hambatan dan kesulitan apa yang dialami?
10. Hasil
kegiatan?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. NAMA KEGIATAN
Kegiatan
ini bernama Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan
B. TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan
VI bertempat di SD Muhammadyah Kutoarjo.
C. WAKTU KEGIATAN
Kegiatan diadakan selama 2 kali
pertemuan pada hari jum’at dan rabu tanggal 20 dan 25 April 2012 yang telah disepakati.
D. PELAKSANA KEGIATAN
1.
Ketua dan Penanggung Jawab Kegiatan
Kepala
SD Muhammadiyah Kutoarjo, Bapak Ahmad Darusman S.Pd
2.
Koordinir Kegiatan
a.
Wali kelas IA, SD Muhammadyah Kutoarjo
b.
Wali kelas VA dan Vb, SD Muhammadyah
Kutoarjo
3.
Peserta kegiatan
a.
Siswa kelas IA SD Muhammadyah Kutoarjo.
b.
Siswa kelas VA dan VB SD Muhammadyah
Kutoarjo
E. KESULITAN DAN HAMBATAN
Dalam
usaha memahami peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pengembangan, kami
menggunakan metode pendekatan. Dari hasil pendekatan tersebut, kami menemukan
kesulitan dan hambatan antara lain :
1.
Sebagai peserta didik usia sekolah
dasar, peserta didik selalu aktif sehingga sulit untuk didisiplinkan.
2.
Sulitnya memberikan pengarahan yang
masih belum dapat diterima oleh peserta didik.
F. RENCANA KEGIATAN
Terlampir
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Setelah melaksanakan pengembangan Al
Islam dan Kemuhammadiyahan VI di SD Muhammadyah Kutoarjo selama 2 kali
pertemuan, maka dapat kami simpulkan :
1.
Kerjasama dalam kelompok merupakan
aktifitas peserta didik yang bertujuan membangun solidaritas dengan rekan untuk
mencapai tujuan bersama, maka dalam kegiatan belajar perlu digunakan metode
belajar berkelompok.
2.
Kegiatan mengerjakan soal merupakan
kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan pemahaman materi belajar siswa dan
membiasakan siswa melakukan analisa
masalah, maka memberikan pretes dalam kegiatan belajar perlu dilakukan bagi
calon pendidik.
3.
Dengan diadakannya pengembangan bagi
peserta kegiatan, seorang calon pendidik dapat mengetahui secara langsung
kondisi peserta didik, sehingga calon pendidik dengan mudah dapat memilih
metode belajar mengajar yang efektif dan efisien.
4.
Kegiatan belajar tidak hanya terpaku
pada pembelajaran yang otodidak melalui kegiatan menggambar dan mewarnai
merupakan kegiatan belajar mengingat manfaat kegiatan tersebut untuk mengembangkan
kemampuan motorik dan meningkatkan konsentrasi, maka dalam kegiatan belajar
perlu diselingi dengan kegiatan menggambar dan mewarnai.
5.
Variasi metode belajar merupakan cara
untuk memperagam kegiatan belajar agar peserta didik tidak jenuh, kegiatan menonton
merupakan bagian dari kegiatan belajar mengingat manfaat kegiatan menonton
adalah menggali sumber informasi bagi siswa, maka calon pendidik dapat
melakukan kegiatan menonton sebagai bagian dari belajar.
B. SARAN
1.
Kesadaran akan pentingnya pengembangan
perlu ditingkatkan baik dari siswa, calon pendidik, dan pendidik itu sendiri.
2.
Perlu adanya peningkatan kerja sama
antara pendidik dan peserta didik agar dalam pelaksanaan kegiatan belajar
mengajar dapat berjalan dengan kondusif.
C. KESAN
Selama melaksanakan kegiatan
pengembanagn Al Islam dan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadyah Kutoarjo, kesan
yang dapat kami sampaikan :
1.
Suasana kekeluargaan yang tercipta
antara pendidik, peserta didik, dan peserta pengembangan menjadikan kegiatan lebih
menyenangkan.
2.
Dalam kita melaksanakan pembelajaran
pada peserta didik tidak hanya pengetahuan saja tetapi pengalaman yang lebih
menentukan dalam pengajaran.
FOTO-FOTO
PELAKSANAAN KEGIATAN:
HASIL
LOMBA MENYANYI KELAS IA:
KELOMPOK
|
NAMA ANGGOTA SKOR
|
SKOR
|
1
|
Lintang
Cahya
|
90
|
Hasha
|
||
Lintang
Herawati
|
||
Novisa
|
||
Riska
|
||
2.
|
Iqbal
|
89
|
Tegar
|
||
Rizky
|
||
Zefa
|
||
3
|
Abidah
|
87
|
Alisa
|
||
Andini
|
||
Atmesa
|
||
4
|
Almaida
|
92
|
Aya
|
||
Cesa
|
||
Ayu
|
||
5
|
Laura
|
95
|
Herdina
|
||
Gadis
|
||
Kalisa
|
||
6
|
Dian
Ifan Danang
|
96
|
Brikma
|
||
Zaki
|
||
Panda
|
||
Bondan
|
||
7
|
Vikri
|
86
|
Binar
|
||
Anang
|
||
Ainu
rofi
|
||
Ahmad
|
JUARA I :
KELOMPOK 6
JUARA II :
KELOMPOK 5
JUARA III
: KELOMPOK 4
NILAI MENGERJAKAN SOAL KELAS IA :
NO
|
NAMA
|
NILAI
|
1
|
Andini
Maya Sari
|
100
|
2
|
Muhammad
Iqbal Khoironi
|
100
|
3
|
Annisa
Latifa Zahra
|
100
|
4
|
Herdina
Restu Hapsari
|
90
|
5
|
Khalyssa
N
|
90
|
6
|
Gadis
Kurnia K
|
90
|
7
|
Riski
Alam S
|
45
|
8
|
Navilsa
Suci Rimandani
|
85
|
9
|
Ahmad
Naufal H
|
95
|
10
|
Fadilah
Ayu S
|
80
|
11
|
Nimas
Lintang H
|
85
|
12
|
Satrio
Bagus T
|
70
|
13
|
Armeyda
Anggita N
|
80
|
14
|
Sheva
|
80
|
15
|
Zain
|
95
|
16
|
Aina
Rofiq
|
80
|
17
|
Laura
Ayu C
|
75
|
18
|
Rifdahasna
|
40
|
19
|
Lintang
Cahya C
|
75
|
20
|
Riska
Cahyaningtyas
|
85
|
21
|
Chesa
Janny T. D
|
85
|
22
|
Binar
|
85
|
23
|
Anang
|
95
|
24
|
Adrresa
Navya D
|
95
|
25
|
Abidah
Nuraini
|
95
|
26
|
Januar
Pandu A
|
95
|
27
|
Bregma
|
75
|
28
|
Vikri
Wahyu R
|
85
|
29
|
Bondan
|
80
|
30
|
Danang
|
80
|
31
|
Aya
Thalita Putri
|
90
|
JUARA I :
Andini Maya Sari
JUARA II :
Muhammad Iqbal Khoironi
JUARA III
: Annisa Latifa Zahra
Keterangan :
Yang membedakan Juara I,II, dan III padahal skor
sama yaitu kecepatan waktu
HASIL LOMBA MENGGAMBAR DAN MEWARNAI :
JUARA I :
Lintang Cahya
JUARA II :
Vikri Wahyu R
JUARA III
: Adrresa Navya D
PROGRAM
KERJA PENGEMBANGAN
AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN
DI SD MUHAMMADIYAH KUTOARJO
NO
|
PELAKSANAAN
|
KEGIATAN
|
TUJUAN
|
KET
|
1.
|
Hari : Jum’at, 20 April 2012
Waktu : Pukul 07.30-10.30 WIB
Tempat :
Ruangan kelas IA
SD Muhammadyah
Kutoarjo
|
·
Berdoa
sebelum melaksanakan kegiatan.
|
·
Siswa
dapat mengetahui doa-doa harian dan mengaplikasikannya dalam kegiatan
sehari-hari.
|
|
·
Membentuk
kelompok bernyanyi yang terdiri dari 4-5 siswa perempuan dan 4-5 siswa
laki-laki.
|
·
Siswa
dapat bekerja sama dengan siswa lain dalam satu kelompok dan membangun relasi
dengan baik, pembinaan disiplin kerja, membangun sifat saling membutuhkan dan
saling bergantung, memberi kesempatan
pada interaksi dan komunikasi antar anggota.
|
|
||
·
Tiap
kelompok memilih lagu yang terdapat pada pilihan antara lain: Ibu Kita
Kartini, Balonku ada lima, Naik-naik ke Puncak Gunung dan lain-lain.
|
·
Untuk menstimulasi
kecerdasan musical siswa, kecerdasan verbal (kosa kata yang ada pada lirik
lagu), kecerdasan emosi (pengolahan perasaan dalam diri intra personal dan
interpersonal),
|
|
||
·
Masing-masing
kelompok bernyanyi di depan teman-teman yang lain dengan pilihan lagu yang
telah dipilih.
|
·
Siswa
dapat membangun rasa percaya diri.
|
|
||
·
Kelompol
lain (yang menunggu giliran bernyanyi) mengerjakan soal yang terdiri dari 20
butir soal terdiri dari mata pelajaran: agama, matematika, bahasa Indonesia,
dan ilmu pengetahuan alam.
|
·
Untuk menanamkan
pemahaman materi belajar siswa, mengenal disiplin belajar, terbiasa melakukan
analisa masalah, membantu siswa memiliki banyak informasi,
|
|
||
·
Menggambar
dan mewarnai
|
·
Siswa
dapat belajar mencipta atau berkreasi, menuangkan ide-idenya ,
menvisualisasikan dan merealisasikan imaginasinya dalam sebuah karya, membangun
aspek kognitif (kecerdsan emosional dan motorik), meningkatkan konsentrasi, melatih
daya ingat, kesabaran, ketelitian dan keuletan anak dalam menghasilkan sesuatu.
|
|
||
·
Mewarnai
|
·
Untuk membantu
siswa mengenal perbedaan warana , Media ekspresi melatih kemampuan
koordinasi, mengembangkan kemampuan motorik, meningkatkan konsentrasi,
melatih siswa membuat target (belajar menyelesaikan tugas yang dihadapinya).
|
|
||
·
Berdoa
sesudah melaksanakan kegiatan.
|
·
Siswa
dapat mengetahui doa-doa harian dan mengaplikasikannya dalam kegiatan
sehari-hari.
|
|
||
2.
|
Hari :
Rabu, 25 April 2012
Waktu : Pukul
07.30-10.30 WIB
Tempat : Ruangan kelas VA dan VB
SD
Muhammadyah Kutoarjo
|
·
Berdoa
sebelum melaksanakan kegiatan.
|
·
Siswa
dapat mengetahui doa-doa harian dan mengaplikasikannya dalam kegiatan
sehari-hari.
|
|
·
Menonton
film pendidikan bersama.
|
·
Untuk
menggali sumber informasi bagi siswa, ssbagai contoh teldan dalam film,
nilai-nilai moral yang terkandung dalam film
|
|
||
·
Dialog
seputar film pendidikan yang telah ditonton.
|
·
Siswa
dapat mengetahui alur film yang ditonton, memahami nilai-nilai moral,
memahami karakter yang dimiliki dalam film.
|
|
||
·
Berdoa
sesudah melaksanakan kegiatan.
|
·
Siswa
dapat mengetahui doa-doa harian dan mengaplikasikannya dalam kegiatan
sehari-hari.
|
|
Purworejo, Mei 2011
Mengetahui,
Kepala SD Muhammadyah Kutoarjo, Ketua
Pengembangan,
Ahmad Darusman S.Pd Riyanti
Khasanah
Dosen
Pembimbing
H.
Nasrudin, S.PdI, SE, M.SI

PENGALAMAN
AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
PURWOREJO
Alamat: Jalan
K.H.A. Dahlan 6 Telepon/Fax. (0275) 321494
PURWOREJO 54111
![]() |

Nomor: 05/LP3AK/UMP/II/2012
Untuk
mengenalkan lebih dekat kepada organisasi dan amal usaha Muhammadiyah Lembaga Pengkajian, Pendalaman dan Pengalaman
Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LP3AK) Universitas Muhammadiyah Purworejo, dengan ini memberi tugas kepada
Mahasiswa:
Nama/NIM : 1. Irma Zaqia Putri (102144131)
2. Noer
Khayati (092143504)
3. Nur
Septi Fajarwati (092143511)
4. Parwatiningsih (092143517)
5. Paryati (092143518)
6. Rahmawati (092143522)
7. Reni
Mardianingsih (092143524)
8. Riyanti
Khasanah (092143526)
9. Septi
Widyaningsih (092143528)
10.Siti
Fajaroh (092143531)
11.Sri
Maratun (092143533)
12.Suprapti (092143534)
Tugas : 1. Lomba Mewarnai, Menyanyi dan
Cerdas Cermat
2.
Nonton Flm Pendidikan
Hari/Tanggal : Jum’at
dan Rabu, 20 dan 25 April 2012
Waktu : 07.30-10.30 WIB
Tempat : SD Muhammadiyah Kutoarjo
Harap
dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dan setelah selesai menjalankan tugas,
harap segera menyampaikan
laporan.
Purworejo,20 April 2012
Yang
diberi tugas, Yang
memberi tugas,
a.n
Kepala LP3AK
Ketua Kelompok, Dosen
Pembimbing,
(Riyanti Khasanah)
(H.Nasrudin,SPdI,
SE, MSI)
Yang bersangkutan telah
melaksanakan tugas
Mengetahui,
(Ahmad
Darusman, S.Pd)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar