Selasa, 29 Mei 2012

LAPORAN PENGEMBANGAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN VI DI SD MUHAMMADYAH PURWOREJO

LAPORAN PENGEMBANGAN
AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN VI
DI SD MUHAMMADYAH PURWOREJO
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan Semester  VI C
Dosen pengampu : H. Nasrudin, S.PdI, SE, M.SI



Disusun oleh :


Disusun Oleh:
1.      Irma Zaqia Putri        (102144131)
2.      Noer Khayati             (092143504)
3.      Nur Septi Fajarwati   (092143511)
4.      Parwatiningsih           (092143517)
5.      Paryati                                   (092143518)
6.      Rahmawati                (092143522)
7.      Reni Mardianingsih   (092143524)
8.      Riyanti Khasanah      (092143526)
9.      Septi Widyaningsih   (092143528)
10.  Siti Fajaroh                (092143531)
11.  Sri Maratun                (092143533)
12.  Suprapti                     (092143534)


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
2012

PENGESAHAN
Nama Sekolah                         : SD Muhammadyah Kutoarjo
Alamat Sekolah                       : Kutoarjo, Kab. Purworejo
Pelaksanaan Pengembangan   : 20 dan 25 April 2012
Nama Peserta                          :  1. Irma Zaqia Putri              (102144131)
                                                    2. Noer Khayati                  (092143504)
                                                    3. Nur Septi Fajarwati         (092143511)
                                                    4. Parwatiningsih                (092143517)
                                                    5. Paryati                             (092143518)
                                                    6. Rahmawati                      (092143522)
                                                    7. Reni Mardianingsih         (092143524)
                                                    8. Riyanti Khasanah                        (092143526)
                                                    9. Septi Widyaningsih         (092143528)
                                                   10. Siti Fajaroh                     (092143531)
                                                    11. Sri Maratun                   (092143533)
                                                    12. Suprapti                         (092143534)
Program Studi                         : Pendidikan Matematika
Fakultas                                   : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi                     : Universitas Muhammadiyah Purworejo
                                                                                    Purworejo,   Mei 2012                                                               Mengetahui,
Kepala SD Muhammadyah Kutoarjo                         Ketua Pengembangan

Ahmad Darusman SPd.                                              Riyanti Khasanah
Dosen Pembimbing

H. Nasrudin, S.PdI, SE, M.SI

MOTTO


“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (QS:94:6)”
“Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya (QS:65:4)
“Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat (QS:2:214)
Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, kecuali ia berusaha sendiri (QS Ar-Ra’du:11)







KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta hidayahNya, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan VI di SD Muhammadyah Kutoarjo, serta dapat menyusun laporan ini dengan baik.
Pengembanagan ini dapat terlaksana dengan baik sampai dengan dapat terselesainya laporan ini atas bimbingan dan bantuan dari semua pihak, baik berupa sumbangan pemikiran serta berbagai masukan.
Pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada :
1.    Drs. Supriyadi, M. Pd selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo.
2.    H. Nasrudin, S.PdI, SE, M.SI selaku pembimbing mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan VI.
3.    Ahmad Darusman S.Pd., selaku Kepala  SD Muhammadyah Kutoarjo.
4.    Seluruh pengajar SD Muhammadyah Kutoarjo.
5.    Kedua orang tua yang telah memberikan dukungan moral maupun materi
6.    Semua pihak yang telah membantu dalam menyusun laporan ini.

Kami menyadari bahwa laporan pengembangan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak untuk menyempurnakan laporan ini. Kami berharap bahwa laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak pada umumnya dan pembaca pada khususnya.

Purworejo,    Mei  2011


Penyusun


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .................................................................................
PENGESAHAN..........................................................................................
MOTTO.......................................................................................................
KATA PENGANTAR................................................................................
DAFTAR ISI...............................................................................................

BAB I.     PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang .......................................................................
B.  Dasar Kegiatan.......................................................................
C.  Maksud dan Tujuan Kegiatan ................................................
D.  Ruang Lingkup ......................................................................
BAB II    ISI
A.  Nama kegiatan .......................................................................
B.  Tempat kegiatan .....................................................................
C.  Waktu kegiatan ......................................................................
D.  Peserta kegiatan .....................................................................
E.   Kesulitan dan hambatan ........................................................
F.   Rencana kegiatan ...................................................................
BAB III PENUTUP
A.  Kesimpulan ............................................................................  
B.  Saran ......................................................................................
C.  Kesan .....................................................................................

LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG
Dalam proses pembelajaran, suatu mata kuliah dalam perguruan tinggi tidak hanya terpaku pada teori-teori yang mengikatnya, tetapi harus diimbangi dengan pengembangan ataupun aplikasi yang mendukungnya. Untuk itu, untuk dapat meningkatkan kreatifitas dan kemampuan dalam bidang pendidikan, mahasiswa dituntut untuk mampu bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
          Kita sebagai calon pendidik semestinya tidak hanya sekedar memiliki pengetahuan dan ketrampilan, tetapi juga diharapkan mampu mengembangakan kemampuannya untuk menciptakan generasi penerus untuk menuju tercapainya cita-cita.

B.  DASAR KEGIATAN
Sesuai kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo, mahasiswa semester VI yang telah menempuh mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan wajib melakukan pengembangan pada lembaga-lembaga kemuhammadiyahan yang salah satunya adalah SD Muhammadyah Kutoarjo.

C.  MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
          Pelaksanaan kegiatan pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan VI Universitas Muhammadiyah Purworejo mempunyai maksud dan tujuan sebagai berikut :
1.      Mengembangkan  ketrampilan dan pengetahuan yang telah dimiliki oleh peserta didik.
2.      Memberikan bekal dan pengetahuan bagi peserta didik untuk dapat melakukan interaksi yang baik dengan pendidik, sehingga akan memperoleh pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan.
3.      Memberikan bekal dan pengetahuan serta ketrampilan bagi calon pendidik agar mampu mendidik anak didiknya untuk tercapainya generasi yang berkualitas.
4.      Menanamkan sikap solidaritas antar peserta didik agar peserta didik  mengetahui pentingnya bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
5.      Menanamkan nilai-nilai moral dan teladan yang baik melalui menonton film pendidikan bersama.

D.  RUANG LINGKUP
Adapun ruang lingkup laporan ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Apa yang melatarbelakangi diadakan pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan VI?
2.      Apa yang mendasari pelaksanaan kegiatan?
3.      Apa maksud dan tujuan diadakannya pengembangan tersebut?
4.      Apa nama kegiatan tersebut?
5.      Dimana kegiatan tersebut diadakan?
6.      Kapan pelaksanaan kegiatan tersebut?
7.      Siapa saja pelaksana kegiatan tersebut?
8.      Kegiatan apa saja yang dilaksanakan selama pengembangan?
9.      Hambatan dan kesulitan apa yang dialami?
10.  Hasil kegiatan?







BAB II
PEMBAHASAN

A.  NAMA KEGIATAN
          Kegiatan ini bernama Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan

B.  TEMPAT KEGIATAN
          Kegiatan pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan VI bertempat di SD Muhammadyah Kutoarjo.

C.  WAKTU KEGIATAN
          Kegiatan diadakan selama 2 kali pertemuan pada hari jum’at dan rabu tanggal 20 dan 25 April 2012  yang telah disepakati.

D.  PELAKSANA KEGIATAN
1.      Ketua dan Penanggung Jawab Kegiatan
Kepala SD Muhammadiyah Kutoarjo, Bapak Ahmad Darusman S.Pd
2.      Koordinir Kegiatan
a.        Wali kelas IA, SD Muhammadyah Kutoarjo
b.        Wali kelas VA dan Vb, SD Muhammadyah Kutoarjo
3.      Peserta kegiatan
a.        Siswa kelas IA SD Muhammadyah Kutoarjo.
b.        Siswa kelas VA dan VB SD Muhammadyah Kutoarjo

E.  KESULITAN DAN HAMBATAN
          Dalam usaha memahami peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pengembangan, kami menggunakan metode pendekatan. Dari hasil pendekatan tersebut, kami menemukan kesulitan dan hambatan antara lain :
1.      Sebagai peserta didik usia sekolah dasar, peserta didik selalu aktif sehingga sulit untuk didisiplinkan.
2.      Sulitnya memberikan pengarahan yang masih belum dapat diterima oleh peserta didik.

F.   RENCANA KEGIATAN
Terlampir


BAB III
PENUTUP

A.  KESIMPULAN
          Setelah melaksanakan pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan VI di SD Muhammadyah Kutoarjo selama 2 kali pertemuan, maka dapat kami simpulkan :
1.      Kerjasama dalam kelompok merupakan aktifitas peserta didik yang bertujuan membangun solidaritas dengan rekan untuk mencapai tujuan bersama, maka dalam kegiatan belajar perlu digunakan metode belajar berkelompok.
2.      Kegiatan mengerjakan soal merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan pemahaman materi belajar siswa dan membiasakan siswa  melakukan analisa masalah, maka memberikan pretes dalam kegiatan belajar perlu dilakukan bagi calon pendidik.  
3.      Dengan diadakannya pengembangan bagi peserta kegiatan, seorang calon pendidik dapat mengetahui secara langsung kondisi peserta didik, sehingga calon pendidik dengan mudah dapat memilih metode belajar mengajar yang efektif dan efisien.
4.      Kegiatan belajar tidak hanya terpaku pada pembelajaran yang otodidak melalui kegiatan menggambar dan mewarnai merupakan kegiatan belajar mengingat manfaat kegiatan tersebut untuk mengembangkan kemampuan motorik dan meningkatkan konsentrasi, maka dalam kegiatan belajar perlu diselingi dengan kegiatan menggambar dan mewarnai.
5.      Variasi metode belajar merupakan cara untuk memperagam kegiatan belajar agar peserta didik tidak jenuh, kegiatan menonton merupakan bagian dari kegiatan belajar mengingat manfaat kegiatan menonton adalah menggali sumber informasi bagi siswa, maka calon pendidik dapat melakukan kegiatan menonton sebagai bagian dari belajar.


B.   SARAN
1.      Kesadaran akan pentingnya pengembangan perlu ditingkatkan baik dari siswa, calon pendidik, dan pendidik itu sendiri.
2.      Perlu adanya peningkatan kerja sama antara pendidik dan peserta didik agar dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan kondusif.

C.  KESAN
          Selama melaksanakan kegiatan pengembanagn Al Islam dan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadyah Kutoarjo, kesan yang dapat kami sampaikan :
1.      Suasana kekeluargaan yang tercipta antara pendidik, peserta didik, dan peserta pengembangan menjadikan kegiatan lebih menyenangkan.
2.      Dalam kita melaksanakan pembelajaran pada peserta didik tidak hanya pengetahuan saja tetapi pengalaman yang lebih menentukan dalam pengajaran.

                                                                    

FOTO-FOTO PELAKSANAAN KEGIATAN:









































































                                                                                                                                                   

HASIL LOMBA MENYANYI KELAS IA:
KELOMPOK
NAMA ANGGOTA SKOR
SKOR
1
Lintang Cahya
90
Hasha
Lintang Herawati
Novisa
Riska
2.
Iqbal
89
Tegar
Rizky
Zefa
3
Abidah
87
Alisa
Andini
Atmesa
4
Almaida
92
Aya
Cesa
Ayu
5
Laura
95
Herdina
Gadis
Kalisa
6
Dian Ifan Danang
96
Brikma
Zaki
Panda
Bondan
7
Vikri
86
Binar
Anang
Ainu rofi
Ahmad
JUARA I        : KELOMPOK 6
JUARA II       : KELOMPOK 5
JUARA III     : KELOMPOK 4



NILAI MENGERJAKAN SOAL KELAS IA         :
NO
NAMA
NILAI
1
Andini Maya Sari
100
2
Muhammad Iqbal Khoironi
100
3
Annisa Latifa Zahra
100
4
Herdina Restu Hapsari
90
5
Khalyssa N
90
6
Gadis Kurnia K
90
7
Riski Alam S
45
8
Navilsa Suci Rimandani
85
9
Ahmad Naufal H
95
10
Fadilah Ayu S
80
11
Nimas Lintang H
85
12
Satrio Bagus T
70
13
Armeyda Anggita N
80
14
Sheva
80
15
Zain
95
16
Aina Rofiq
80
17
Laura Ayu C
75
18
Rifdahasna
40
19
Lintang Cahya C
75
20
Riska Cahyaningtyas
85
21
Chesa Janny T. D
85
22
Binar
85
23
Anang
95
24
Adrresa Navya D
95
25
Abidah Nuraini
95
26
Januar Pandu A
95
27
Bregma
75
28
Vikri Wahyu R
85
29
Bondan
80
30
Danang
80
31
Aya Thalita Putri
90

JUARA I        : Andini Maya Sari
JUARA II       : Muhammad Iqbal Khoironi
JUARA III     : Annisa Latifa Zahra
Keterangan      :
Yang membedakan Juara I,II, dan III padahal skor sama yaitu kecepatan waktu
HASIL LOMBA MENGGAMBAR DAN MEWARNAI :
JUARA I        : Lintang Cahya
JUARA II       : Vikri Wahyu R
JUARA III     : Adrresa Navya D


PROGRAM KERJA PENGEMBANGAN
AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN
DI SD MUHAMMADIYAH KUTOARJO
NO
PELAKSANAAN
KEGIATAN
TUJUAN
KET

1.

Hari      : Jum’at, 20 April 2012
Waktu  : Pukul 07.30-10.30 WIB
Tempat : Ruangan kelas IA
SD Muhammadyah Kutoarjo
·   Berdoa sebelum melaksanakan kegiatan.

·   Siswa dapat mengetahui doa-doa harian dan mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari.


·   Membentuk kelompok bernyanyi yang terdiri dari 4-5 siswa perempuan dan 4-5 siswa laki-laki.
·   Siswa dapat bekerja sama dengan siswa lain dalam satu kelompok dan membangun relasi dengan baik, pembinaan disiplin kerja, membangun sifat saling membutuhkan dan saling bergantung, memberi  kesempatan pada interaksi dan komunikasi antar anggota.

·   Tiap kelompok memilih lagu yang terdapat pada pilihan antara lain: Ibu Kita Kartini, Balonku ada lima, Naik-naik ke Puncak Gunung dan lain-lain.
·   Untuk menstimulasi kecerdasan musical siswa, kecerdasan verbal (kosa kata yang ada pada lirik lagu), kecerdasan emosi (pengolahan perasaan dalam diri intra personal dan interpersonal),

·   Masing-masing kelompok bernyanyi di depan teman-teman yang lain dengan pilihan lagu yang telah dipilih.
·   Siswa dapat membangun rasa percaya diri.

·   Kelompol lain (yang menunggu giliran bernyanyi) mengerjakan soal yang terdiri dari 20 butir soal terdiri dari mata pelajaran: agama, matematika, bahasa Indonesia, dan ilmu pengetahuan alam.
·   Untuk menanamkan pemahaman materi belajar siswa, mengenal disiplin belajar, terbiasa melakukan analisa masalah, membantu siswa memiliki banyak informasi,

·   Menggambar dan mewarnai
·   Siswa dapat belajar mencipta atau berkreasi, menuangkan ide-idenya , menvisualisasikan dan merealisasikan imaginasinya dalam sebuah karya, membangun aspek kognitif (kecerdsan emosional dan motorik), meningkatkan konsentrasi, melatih daya ingat, kesabaran, ketelitian dan keuletan anak dalam menghasilkan sesuatu.

·   Mewarnai
·   Untuk membantu siswa mengenal perbedaan warana , Media ekspresi melatih kemampuan koordinasi, mengembangkan kemampuan motorik, meningkatkan konsentrasi, melatih siswa membuat target (belajar menyelesaikan tugas yang dihadapinya).

·   Berdoa sesudah melaksanakan kegiatan.

·   Siswa dapat mengetahui doa-doa harian dan mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari.


2.
Hari      : Rabu, 25 April 2012
Waktu  : Pukul 07.30-10.30 WIB
Tempat : Ruangan kelas VA dan VB
 SD Muhammadyah Kutoarjo
·   Berdoa sebelum melaksanakan kegiatan.

·   Siswa dapat mengetahui doa-doa harian dan mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari.


·   Menonton film pendidikan bersama.
·   Untuk menggali sumber informasi bagi siswa, ssbagai contoh teldan dalam film, nilai-nilai moral yang terkandung dalam film

·   Dialog seputar film pendidikan yang telah ditonton.
·   Siswa dapat mengetahui alur film yang ditonton, memahami nilai-nilai moral, memahami karakter yang dimiliki dalam film.

·   Berdoa sesudah melaksanakan kegiatan.

·   Siswa dapat mengetahui doa-doa harian dan mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari.



                                                                                                                                                                                    Purworejo,       Mei 2011
Mengetahui,
            Kepala SD Muhammadyah Kutoarjo,                                                                                                                        Ketua Pengembangan,

            Ahmad Darusman S.Pd                                                                                                                                  Riyanti Khasanah
            Dosen Pembimbing

            H. Nasrudin, S.PdI, SE, M.SI


    LEMBAGA PENGKAJIAN, PENDALAMAN, DAN
   PENGALAMAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Alamat: Jalan K.H.A. Dahlan 6  Telepon/Fax. (0275) 321494
PURWOREJO 54111


 
S U R A T  T U G A S
Nomor: 05/LP3AK/UMP/II/2012

            Untuk mengenalkan lebih dekat kepada organisasi dan amal usaha Muhammadiyah Lembaga        Pengkajian, Pendalaman dan Pengalaman Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LP3AK) Universitas     Muhammadiyah Purworejo, dengan ini memberi tugas kepada Mahasiswa:
            Nama/NIM                  :           1. Irma Zaqia Putri                  (102144131)
                                                            2. Noer Khayati                      (092143504)
                                                            3. Nur Septi Fajarwati             (092143511)
                                                            4. Parwatiningsih                    (092143517)
                                                            5. Paryati                                 (092143518)
                                                            6. Rahmawati                          (092143522)
                                                            7. Reni Mardianingsih             (092143524)
                                                            8. Riyanti Khasanah                (092143526)
                                                            9. Septi Widyaningsih             (092143528)
                                                            10.Siti Fajaroh                         (092143531)
                                                            11.Sri Maratun                        (092143533)
                                                            12.Suprapti                              (092143534)
            Tugas                           :           1. Lomba Mewarnai, Menyanyi dan Cerdas Cermat
                                                            2. Nonton Flm Pendidikan
            Hari/Tanggal               :           Jum’at dan Rabu, 20 dan 25 April 2012
            Waktu                         :           07.30-10.30 WIB
            Tempat                        :           SD Muhammadiyah Kutoarjo
            Harap dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dan setelah selesai menjalankan tugas, harap segera             menyampaikan laporan.
                                                                                                                        Purworejo,20 April 2012

            Yang diberi tugas,                                                                               Yang memberi tugas,
                                                                                                                        a.n Kepala LP3AK
            Ketua Kelompok,                                                                                Dosen Pembimbing,               

                                                                       

           (Riyanti Khasanah)                                                                        (H.Nasrudin,SPdI, SE, MSI)                                                               
                                                  Yang bersangkutan telah melaksanakan tugas
                                                                           Mengetahui,


                                                                (Ahmad Darusman, S.Pd)  



 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar